Sabtu, 17 September 2011

Rencana pelaksanaan pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SMP N 1 Karang Baru
Mata Pelajaran          : BIOLOGI
Kelas / Semester        : VIII/II
Alokasi Waktu           : 9x40 Menit
Standar Kompetensi : 1.   Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar     : 1.1 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

  1. Tujuan Pembelajaran :
  • Pertemuan 1
Setelah proses pembelajaran di harapkan siswa dapat:
1.      Menyebutkan fungsi darah
2.      Membedakan antara plasma darah dan sel darah
3.      Menjelaskan 3 macam sel darah pada manusia
  • Pertemuan 2
1.      Menyebutkan 2 macam alat peredaran darah pada manusia
2.      Menyebutkan fungsi jantung
3.      Menghiting denyut nadi
4.      Menyebutkan macam-macam pembuluh darah
5.      Membedakan pembuluh nadi dan pembuluh balik (vena)
  • Pertemuan 3
1.   Menjelaskan 2 macam sistem peredaran darah pada manusia
2.   Menjelaskan 4 macam golongan darah
3.   Menyebutkan macam-macam gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
  1. Materi Pembelajaran :
1.      Fungsi darah
2.      Alat peredaran darah
3.      Gangguan pada sistem peredaran darah
  1. Metode Pembelajaran :
1.      Penyampaian informasi
2.      Mengamati percobaan
3.      Diskusi
4.      Penugasan
  1. Langkah-Langkah Kegiatan :
·         Pertemuan 1
1.   Meteri
- Fungsi darah
2. Pendahuluan
      - Salam pembuka
      - Memeriksa kehadiran siswa
      - Apersepsi : Pernahkah kamu terluka? Ketika terluka tubuhmu mengeluarkan darah yang berwarna merah yang keluar terlalu bayak tentu merasa pusing mengapa?
      - Motivasi : Apa fungsi darah bagi tubuh kita
3. Kegiatan inti
a. Eksporasi      : (pendalaman materi)
                           - Guru memandu siswa untuk berkelompok trediri dari ±5 org berdiskusi tentang fungsi darah
                           - Membedakan plasma darah dan sel darah
b. Elaborasi       : (membuat kesimpulan dan memberi argumentasi  dari meteri yang sedang di pelajari)
                           - Setelah berdiskusi siswa membuat kesimpulan tentang fungsi darah dan membedakan plasma darah dan sel darah
                           - Menanyakan kembali kepada beberapa siswa apa fungsi darah dan membedakan plasma darah dan sel darah
c. Konfirmasi    : (penguatan pemahaman materi)
                           - Guru meneruskan jawaban yang salah dari siswa
                           - Guru mengevaluasi latihan siswa
d. Penutup        :
                           - Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
                           - Melakukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
                           - Memberi tugas individu berupa pertanyaan
·         Pertemuan 2
1. Meteri            : Alat peredaran darah
2. Pendahuluan         :
                           - Salam pembuka
                           - Memeriksa kehadiran siswa
                           - Apersepsi : Apakah kamu dapat merasakan detak jantungmu?
                           - Motifasi   : Di mana letak jantung kita
3. Kegiatan inti
a. Eksporasi      : (pendalaman materi)
                           - Guru memandu siswa untuk berkelompok trediri dari ±5 org
                           - Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang alat-alat peredaran darah pada manusia serta fungsi jantung
                           - Melakukan percobaan untuk menghitung denyut nadi
b. Elaborasi       : (membuat kesimpulan dan memberi argumentasi  dari meteri yang sedang di pelajari)
                           - Setelah berdiskusi dengan melakukan percobaan masing-masing kelompok memprestasikan hasil diskusinya
                           - Menanyakan kembali kepada beberapa siswa tentang alat-alat perdaran darah serta fungsi jantung
                           - Mengerjakan soal yang ada di LKS
c. Konfirmasi    : (penguatan pemahaman materi)
                           - Guru meneruskan jawaban yang salah dari siswa
                           - Guru mengevaluasi latihan siswa
d. Penutup        :
                           - Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
                           - Melakukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
                           - Memberi tugas individu berupa pertanyaan
·         Pertemuan 3
  1. Materi             :
- Alat peredaran darah
                              - Gangguan pada sistem peredaran darah
  1. Pendahuluan :
- Salam pembuka
- Memeriksa kehadiran siswa
- Apersepsi : Apakah kamu pernah memperhatikan org yg mengalami kurang darah?
- Motifasi   : Bagaimana gejalanya atau ciri-ciri orang tersebut? Apa yang menyebabkannya
  1. Kegiatan ini   :
a. Eksporasi      : (pendalaman materi)
                           - Guru memandu siswa untuk berkelompok trediri dari ±5 orang
                           - Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang:
                                    - Macam-macam sistem peredaran darah
                                    - Menjelaskan 4 macam golongan darah
                                    - Menjelaskan macam-macam gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
b. Elaborasi       : (membuat kesimpulan dan memberi argumentasi  dari meteri yang sedang di pelajari)
                           - Setelah berdiskusi siswa membuat kesimpulan
                           - Menanyakan kembali kepada beberapa siswa tentang materi di atas
                           - Menugaskan siswa untuk dapat menyebutkan gangguan-gangguan yang terdapat pada sistem peredaran darah
c. Konfirmasi    : (penguatan pemahaman materi)
                           - Guru meneruskan jawaban yang salah dari siswa
                           - Guru mengevaluasi latihan siswa
d. Penutup        :
                           - Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
                           - Melakukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
                           - Memberi tugas individu agar siswa dapat menyebutkan macam-macam gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
e. 1. Sumber dengan media pembelajaran
      a. Buku IPA Biologi SMP kelas VIII Penerbit Yudistira hal:111
      b. Buku Biologi SMP kelas VIII Penerbit Erlangga hal:102
      c. Buku lainnya yang Relevan
      d. CD Pembelajaran Biologi kelas VIII
          2. Alat
            - Stop Watch atau Jam
      f. Penilaian
      1. Teknik Penilaian :
                  a. Tes Lisan
                  b. Tes Tertulis
                  c. Tes Penugasan
      2. Bentuk Instrumen :


Indikator pencapaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
  1. Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
Tes
Tertulis
Tes PG
Bagian darah yang berfungsi menjaga tubuh dari infeksi penyakit adalah……
A.    Sel darah merah
B.     Sel darah putih
C.     Keping-keping darah
D.    Plasma darah
  1. Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan dalam sistem peredaran darah
Tes
Tertulis
Tes Uraian
Apa perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik?
  1. Mendata penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang bisa di jumpai dalam kehidupan sehari-hari

Tes
Tertulis
Tes Uraian
Berikan 3 contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah, jelaskan bagaimana mengatasinya











Mengetahui
KA Sekolah SMP N 1 Karang Baru                                   Guru Bidang Study



(Muhammad Yasin.S,pd)                                                     (HJ.Nur’ainun.S,pd)
Nip:1957010619771100                                                         Nip:196701312005042001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar