RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP N 1 Karang Baru
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : VIII/II
Alokasi Waktu : 9x40 Menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
- Tujuan Pembelajaran :
- Pertemuan 1
Setelah proses pembelajaran di harapkan siswa dapat:
1. Menyebutkan fungsi darah
2. Membedakan antara plasma darah dan sel darah
3. Menjelaskan 3 macam sel darah pada manusia
- Pertemuan 2
1. Menyebutkan 2 macam alat peredaran darah pada manusia
2. Menyebutkan fungsi jantung
3. Menghiting denyut nadi
4. Menyebutkan macam-macam pembuluh darah
5. Membedakan pembuluh nadi dan pembuluh balik (vena)
- Pertemuan 3
1. Menjelaskan 2 macam sistem peredaran darah pada manusia
2. Menjelaskan 4 macam golongan darah
3. Menyebutkan macam-macam gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
- Materi Pembelajaran :
1. Fungsi darah
2. Alat peredaran darah
3. Gangguan pada sistem peredaran darah
- Metode Pembelajaran :
1. Penyampaian informasi
2. Mengamati percobaan
3. Diskusi
4. Penugasan
- Langkah-Langkah Kegiatan :
· Pertemuan 1
1. Meteri
- Fungsi darah
2. Pendahuluan
- Salam pembuka
- Memeriksa kehadiran siswa
- Apersepsi : Pernahkah kamu terluka? Ketika terluka tubuhmu mengeluarkan darah yang berwarna merah yang keluar terlalu bayak tentu merasa pusing mengapa?
- Motivasi : Apa fungsi darah bagi tubuh kita
3. Kegiatan inti
a. Eksporasi : (pendalaman materi)
- Guru memandu siswa untuk berkelompok trediri dari ±5 org berdiskusi tentang fungsi darah
- Membedakan plasma darah dan sel darah
b. Elaborasi : (membuat kesimpulan dan memberi argumentasi dari meteri yang sedang di pelajari)
- Setelah berdiskusi siswa membuat kesimpulan tentang fungsi darah dan membedakan plasma darah dan sel darah
- Menanyakan kembali kepada beberapa siswa apa fungsi darah dan membedakan plasma darah dan sel darah
c. Konfirmasi : (penguatan pemahaman materi)
- Guru meneruskan jawaban yang salah dari siswa
- Guru mengevaluasi latihan siswa
d. Penutup :
- Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
- Melakukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
- Memberi tugas individu berupa pertanyaan
· Pertemuan 2
1. Meteri : Alat peredaran darah
2. Pendahuluan :
- Salam pembuka
- Memeriksa kehadiran siswa
- Apersepsi : Apakah kamu dapat merasakan detak jantungmu?
- Motifasi : Di mana letak jantung kita
3. Kegiatan inti
a. Eksporasi : (pendalaman materi)
- Guru memandu siswa untuk berkelompok trediri dari ±5 org
- Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang alat-alat peredaran darah pada manusia serta fungsi jantung
- Melakukan percobaan untuk menghitung denyut nadi
b. Elaborasi : (membuat kesimpulan dan memberi argumentasi dari meteri yang sedang di pelajari)
- Setelah berdiskusi dengan melakukan percobaan masing-masing kelompok memprestasikan hasil diskusinya
- Menanyakan kembali kepada beberapa siswa tentang alat-alat perdaran darah serta fungsi jantung
- Mengerjakan soal yang ada di LKS
c. Konfirmasi : (penguatan pemahaman materi)
- Guru meneruskan jawaban yang salah dari siswa
- Guru mengevaluasi latihan siswa
d. Penutup :
- Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
- Melakukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
- Memberi tugas individu berupa pertanyaan
· Pertemuan 3
- Materi :
- Alat peredaran darah
- Gangguan pada sistem peredaran darah
- Pendahuluan :
- Salam pembuka
- Memeriksa kehadiran siswa
- Apersepsi : Apakah kamu pernah memperhatikan org yg mengalami kurang darah?
- Motifasi : Bagaimana gejalanya atau ciri-ciri orang tersebut? Apa yang menyebabkannya
- Kegiatan ini :
a. Eksporasi : (pendalaman materi)
- Guru memandu siswa untuk berkelompok trediri dari ±5 orang
- Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang:
- Macam-macam sistem peredaran darah
- Menjelaskan 4 macam golongan darah
- Menjelaskan macam-macam gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
b. Elaborasi : (membuat kesimpulan dan memberi argumentasi dari meteri yang sedang di pelajari)
- Setelah berdiskusi siswa membuat kesimpulan
- Menanyakan kembali kepada beberapa siswa tentang materi di atas
- Menugaskan siswa untuk dapat menyebutkan gangguan-gangguan yang terdapat pada sistem peredaran darah
c. Konfirmasi : (penguatan pemahaman materi)
- Guru meneruskan jawaban yang salah dari siswa
- Guru mengevaluasi latihan siswa
d. Penutup :
- Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
- Melakukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
- Memberi tugas individu agar siswa dapat menyebutkan macam-macam gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
e. 1. Sumber dengan media pembelajaran
a. Buku IPA Biologi SMP kelas VIII Penerbit Yudistira hal:111
b. Buku Biologi SMP kelas VIII Penerbit Erlangga hal:102
c. Buku lainnya yang Relevan
d. CD Pembelajaran Biologi kelas VIII
2. Alat
- Stop Watch atau Jam
f. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
a. Tes Lisan
b. Tes Tertulis
c. Tes Penugasan
2. Bentuk Instrumen :
Indikator pencapaian | Teknik | Bentuk | Instrumen |
| Tes Tertulis | Tes PG | Bagian darah yang berfungsi menjaga tubuh dari infeksi penyakit adalah…… A. Sel darah merah B. Sel darah putih C. Keping-keping darah D. Plasma darah |
| Tes Tertulis | Tes Uraian | Apa perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik? |
| Tes Tertulis | Tes Uraian | Berikan 3 contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah, jelaskan bagaimana mengatasinya |
Mengetahui
KA Sekolah SMP N 1 Karang Baru Guru Bidang Study
(Muhammad Yasin.S,pd) (HJ.Nur’ainun.S,pd)
Nip:1957010619771100 Nip:196701312005042001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar